Fungsi Tire Pressure Gauge Dan Cara Penggunaannya Lengkap | Alat Ukur Pneumatic • muridteladan

TIRE PRESSURE GAUGE


Muridteladan• Tekanan udara suatu Roda harus sesuai dengan spesifikasi. Berapa spesifikasi tekanan ban yang dianjurkan? Tekanan ban yang dianjurkan dalam manual book berkisar 32-35kg/cm² atau psi. Maka kita membutuhkan alat yang dinamakan Tire Pressure Gauge.

Pengertian:
  Tire Pressure Gauge atau alat pengukur tekanan ban merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan ban. Tekanan ban perlu diukur agar sesuai dengan batas yang diizinkan. Tekanan ban sangat mempengaruhi umur ban dan pengendalian kendaraan. Tekanan ban yang tidak tepat juga akan menimbulkan keausan yang tidak merata dan merusak konstruksi ban.

Baca juga :
Cara Penggunaan Hidrometer Lengkap dengan Penjelasan

  Ada dua jenis tire pressure gauge yaitu tire pressure gauge yang menyatu dengan kompresor dan yang terpisah sebagai alat ukur sendiri. Selain itu tire pressure gauge dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan skala pengukuran yang digunakannya, yaitu tire pressure gauge dengan skala analog dan tire pressure gauge dengan skala digital. Satuan yang digunakan untuk skala tire pressure gauge yaitu kg/cm² dan psi.

Cara Penggunaan Tire Pressure Gauge:

  1. Membuka tutup pentil ban kemudian memsangkan ujung tire pressure ke pentil ban.
  2. Setelah itu membaca hasil pengukurannya dan jika sudah selesai, lepas tire pressure gauge dari pentil. Agar didapatkan pengukuran yang sesuai, pengukuran sebaiknya dilakukan pada saat ban kondis dingin. Pengukuran saat ban masih panas akan menghasilkan pembacaan yang lebih tinggi dari nilai sebenarnya.
  3. Untuk tire pressure gauge yang menjadi satu dengan kompresor, pengisian tekanan udara pada ban dilakukan sampai tekanan yang ditunjukan tire presure gauge sesuai dengan tekanan udara standar pada kendaraan.
Baca Alat Ukur Pneumatik Selanjutnya

Ya itulah sedikit penjelasan mengenai Tire Pressure Gauge. Semoga bermanfaat ya kawan-kawan Semangat dalam belajar...

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Tire Pressure Gauge Dan Cara Penggunaannya Lengkap | Alat Ukur Pneumatic • muridteladan"

Posting Komentar

Telusuri Disini

Sponsor

Ads

Iklan Bawah Artikel