Fungsi Transmisi pada mobil Dan Konstruksi Transmisi Manual • Penjelasan Lengkap By. Muridteladan

Transmisi Manual (Manual Transmision)

  Pada saat kendaraan mulai berjakan atau menanjak, memerlukan moment yang sangat besar untuk itu dibutuhkan beberapa bentuk mekanisme perubahan moment. Nah maka itulah sebuah kendaraan sangat membutuhkan transmisi. Semua kendaraan yang menggunakan mesin pasti memerlukan transmisi. Transmisiini ada dua macam yaitu Transmisi Manual dan Transmisi Otomatis.
  

Apa pengertian transmisi??

  Apa itu transmisi?? Transmisi merupakan salah satu sistem pemindahan tenaga yang terletak dibelakang Kopling atau setelah kopling. Fungsi utama Transmisi adalah untuk mengatasi perubahan moment.
 
  Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut:
Transmisi digunakan untuk mengatasi hal ini dengan cara merubah perbandingan gigi, untuk:

Fungsi Transmisi

  • Merubah momen
  • Merubah kecepatan kendaraan
  • Memungkinkan kendaraan bergerak mundur
  • Memungkinkan kendaraan diam saat mesin hidup (posisi netral)
Kontruksi Transmisi


  Pada gambar diatas transmisi ini untuk semua kecepatan maju menggunakan Synchromesh, sedangkan untuk mundur menggunakan mekanisme Skeedingmesh.

Gear Shift Control Mechanism
1. Direct Control (tipe pengontrol langsung)
   Posisi tuas langsung terhubung dengan transmisi.
   Keuntungan:
     -Pemindahan gigi lebih cepat
     -Pemindahan lebih lembut dan mudah
     -Posisi pemindah dapat diketahui dengan mudah.
2. Remote Control Type (tipe remote control)
    Pada tipe ini tuas pemindah terpisah dari transmisi. Shift control terletak dilantai atau disteering column.

Type Of Transmision
 Ada tiga tipe yaitu:
• Slidingmesh type
• Constantmesh type
• Synchromesh type
Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai tipe-tipe Transmisi

1. Slidingmesh type

  1. Out put shaft
  2. Low & reverse sliding gear
  3. Second sliding gear
  4. Clutch
  5. Input shaft
  6. Clutch gear
  7. Counter shaft drive gear
  8. Counter shaft
  9. Low speed gear
  10. Second gear
  11. Reverse gear
  12. Reverse idler gear
  13. Gear shift fork
  Pada tipe ini shift arm menggerakan langsung roda gigi percepatan yang terpasang pada spline main shaft untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antara gigi percepatan dengan counter gear.

2. Constantmesh type

  Pada tipe ini main gear selalu berhubungan dengan gigu pada counter shaft, main gear dilengkapi dengan dog gear yang akan dihubungkan dengan sleeve yang terpasang pada out put shaft. Shift arm menggerakan sleeve agar terjadi perpindahan putaran dari main gear ke main shaft.

3. Synchromesh type


  Tipe ini mempunyai keuntungan perpindahan giginya lebih halus, synchromesh berfungsi untuk menyamakan putaran roda-roda gigi yang akan berhubungan dengan cara melakukan pengereman.


Baca Selanjutnya : "KONSTRUKSI SYNCHROMESH " Klik DISINI»»

Penulis : M. Arif Nurrohman
Email : ariefnurrohman8709@gmail.com
Blog : muridteladan87.blogspot.com
Chanel Youtube : ARIF87 Officiall
Ig : @arif87_officiall

By. Muridteladan

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Transmisi pada mobil Dan Konstruksi Transmisi Manual • Penjelasan Lengkap By. Muridteladan"

Posting Komentar

Telusuri Disini

Sponsor

Ads

Iklan Bawah Artikel