Fungsi Kopling Pada Mobil Dan Cara Kerjanya | Penjelasan Lengkap •By. MuridTeladan
Jumat, 17 Juli 2020
Tulis Komentar
Fungsi Kopling Pada Mobil
MuridTeladan• Pada kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Fungsi Kopling dan Cara Kerjanya. Tapi sebelum lanjut kalian harus tahu apa sih itu kopling? Seperti apa itu kopling?
Di kelas 11 semester pertama pasti kalian akan menemui materi tentang KOPLING. Apa dan Untuk apa sih Kopling? Kopling merupakan bagian dari sistem mesin yang sangat penting yang digunakan untuk memutus dan menyambungkan putaran mesin ke transmisi.
Fungsi Kopling
Jadi, Fungsi Utama Kopling adalah untuk memutus sementara putaran mesin disaat kita akan menambah gigi mobil. Jadi bisa dibayangkan ya kalo tidak ada kopling bagaimana kita menambah gigi, pastinya sangat sulit sekali.
Ok berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai Kopling....
Fungsi Kopling Antara Lain Sebagai Berikut:
Kopling pada Kendaraan juga harus mempunyai syarat-syarat Kopling, supaya suatu kendaraan enak digunakan. Syarat-syarat Kopling ada 3 yaitu sebagai berikut:
Syarat-Syarat Kopling:
Kopling juga mempunyai berbagai jenis bukan hanya satu saja. Jenis kopling dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu sebagai berikut:
•> Berdasarkan Cara Kerja
*Kopling Mekanis
*Kopling Hidrolis
*Kopling Sentrifugal
•> Berdasarkan Kondisi Pelumas
-Kopling Kering
-Kopling Basah
Nah itu jenis-jenis kopling yang dipakai pada kendaraan.
Dan seterusnya yang kalian wajib pelajari pada materi ini adalah Bagaimana Mekanisme Kerja Kopling? Berikut ini cara kerja Kopling:
Mekanisme Kerja Kopling:
1. Kopling Mekanis
Pada saat pedal kopling ditekan maka → Release Fork tertekan dan menekan juga Release Bearing → kemudian Diafragma pun ikut tertekan → dan pressure plate terangkat → sehingga mengakibatkan cluth dish bebas.
Sehingga: Aliran putaran tenaga mesin menuju Fly Wheel → Clutch Cover → Diafragma spring → dan hanya berputar direlease bearing. Jadi putaran mesin tidak sampai ke transmisi.
2. Kopling Hidrolik (hydraulic Clutch)
Pada saat pedal kopling ditekan mengakibatkan → batang master silinder menekan master silinder →inlet valve menutup inlet port →sehingga minyak mengalir ke release silinder → Release silinder tertekan dan menekan release fork → release fork menekan release bearing → diafragma spring tertekan → dan pressure plate terangkat sehingga clutch dish bebas.
Untuk Kopling Sentrifugal saya belum mengetahuinya jadi bisa lain kali saja.
Jadi, Fungsi Utama Kopling adalah untuk memutus sementara putaran mesin disaat kita akan menambah gigi mobil. Jadi bisa dibayangkan ya kalo tidak ada kopling bagaimana kita menambah gigi, pastinya sangat sulit sekali.
Ok berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai Kopling....
Fungsi Kopling Antara Lain Sebagai Berikut:
- Untuk membantu pemindahan gigi transmisi lebih mudah.
- Menghentikan mobil tanpa memposisikan tuas transmisi ke posisi netral.
- Membuat mobil bergerak bebas tanpa tahanan dari engine brake.
- Membuat mobil dapat bergerak mulus saat awal berjalan.
Kopling pada Kendaraan juga harus mempunyai syarat-syarat Kopling, supaya suatu kendaraan enak digunakan. Syarat-syarat Kopling ada 3 yaitu sebagai berikut:
Syarat-Syarat Kopling:
- Kopling harus bisa memutuskan dan menghubungkan tenaga mesin ke-transmisi secara halus.
- Kopling juga harus bisa mendistribusikan tebaga mesin ke transmisi 100% tanpa selip. Hal ini berhubungan dengan tingkat output mesin.
- Selain harus Lembut dan tanpa seling, Kopling juga harus melakukan pekerjaannya secara cepat.
Kopling juga mempunyai berbagai jenis bukan hanya satu saja. Jenis kopling dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu sebagai berikut:
•> Berdasarkan Cara Kerja
• Kpling Gesek (ada dua jenis: plat tunggal & multiplat)
•Kopling Otomatis
• Kopling Magnet•> Berdasarkan Pengendaliannya
*Kopling Mekanis
*Kopling Hidrolis
*Kopling Sentrifugal
•> Berdasarkan Kondisi Pelumas
-Kopling Kering
-Kopling Basah
Nah itu jenis-jenis kopling yang dipakai pada kendaraan.
Dan seterusnya yang kalian wajib pelajari pada materi ini adalah Bagaimana Mekanisme Kerja Kopling? Berikut ini cara kerja Kopling:
Mekanisme Kerja Kopling:
1. Kopling Mekanis
Pada saat pedal kopling ditekan maka → Release Fork tertekan dan menekan juga Release Bearing → kemudian Diafragma pun ikut tertekan → dan pressure plate terangkat → sehingga mengakibatkan cluth dish bebas.
Sehingga: Aliran putaran tenaga mesin menuju Fly Wheel → Clutch Cover → Diafragma spring → dan hanya berputar direlease bearing. Jadi putaran mesin tidak sampai ke transmisi.
2. Kopling Hidrolik (hydraulic Clutch)
Pada saat pedal kopling ditekan mengakibatkan → batang master silinder menekan master silinder →inlet valve menutup inlet port →sehingga minyak mengalir ke release silinder → Release silinder tertekan dan menekan release fork → release fork menekan release bearing → diafragma spring tertekan → dan pressure plate terangkat sehingga clutch dish bebas.
Untuk Kopling Sentrifugal saya belum mengetahuinya jadi bisa lain kali saja.
Nah... Itulah sedikit penjelasan mengenai apa fungsi kopling dan bagaimana mekanisme kerjanya. Kopling pada mobil dan kopling pada motor sebenarnya sama ya.
Belum ada Komentar untuk "Fungsi Kopling Pada Mobil Dan Cara Kerjanya | Penjelasan Lengkap •By. MuridTeladan"
Posting Komentar