CARA KERJA SISTEM AC MOBIL DAN SIKLUS AC YANG WAJIB KALIAN KETAHUI | PENJELASAN LENGKAPNYA
Jumat, 06 Maret 2020
Tulis Komentar
SIKLUS SISTEM AC MOBIL
Mobil yang sering kalian pakai ataupun untuk praktek kalian di SMK paati ada Sistem AC didalam nya ya. Mengapa harus ada Sistem AC?? Dan kenapa bisa begitu penting??
Sistem AC pada mobil memang sangat dibutuhkan ya. Kalian pasti tau bagaimana rasanya kalau didalam mobil dan sistem AC-nya tidak menyala!! Pasti kalian tidak akan betah didalam mobil, yang pasti sangat Panas. Nah maka dari itu kalian harus tau apa itu Sistem AC dan bagaimana cara mengecek bila AC mobil tidak dingin.
Sistem AC (Air Conditioner) adalah suatu rangakaian peralatan (komponen) yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam mobil.
Pada sistem AC menggunakan suatu cairan pendingin yang namanya Freon. Cairan ini sangat penting pada sistem AC dan pasti harus ada. Karena cairan inilah yang membuat Udara didalam mobil kalian dingin dan sejuk.
Adapun Komponen-komponen AC:
Mobil yang sering kalian pakai ataupun untuk praktek kalian di SMK paati ada Sistem AC didalam nya ya. Mengapa harus ada Sistem AC?? Dan kenapa bisa begitu penting??
Sistem AC pada mobil memang sangat dibutuhkan ya. Kalian pasti tau bagaimana rasanya kalau didalam mobil dan sistem AC-nya tidak menyala!! Pasti kalian tidak akan betah didalam mobil, yang pasti sangat Panas. Nah maka dari itu kalian harus tau apa itu Sistem AC dan bagaimana cara mengecek bila AC mobil tidak dingin.
Sistem AC (Air Conditioner) adalah suatu rangakaian peralatan (komponen) yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam mobil.
Pada sistem AC menggunakan suatu cairan pendingin yang namanya Freon. Cairan ini sangat penting pada sistem AC dan pasti harus ada. Karena cairan inilah yang membuat Udara didalam mobil kalian dingin dan sejuk.
Adapun Komponen-komponen AC:
- Kompressor AC
- Kondensor AC
- Receiver Drier (Filter)
- Katup Expansi
- Evaporator
Secara garis besar Siklus AC pada mobil adalah seperti berikut:
Kompressor AC → Kondensor AC → Receiver Drier → Katup Expansi → Evaporator → Ulangi dari awal↑
Nah itulah Siklus AC secara garis besar, dibawah ini akan saya jelaskan Lebih lengkap mengenai siklus AC:
- Saat Kompressor AC berputar, akan menghisap Freon dari Evaporator dengan tekanan rendah dan memompanya dengan tekanan tinggi ke Kondesor AC.
- Freon yang dialirkan dari Kompressor ke Kondensor AC bentuknya adalah gas. Kemudian didalam Kondensor ini Freon diubah dari yang bentuknya Gas menjadi Cair. Bagaimana caranya?? Kondensor ini bentuknya seperti radiator dan letaknya pun di depan/belakang radiator, jadi prinsip kerjanya pun seperti radiator yaitu mendinginkan. Kenapa ko gas bisa jadi cair?? Sesuai prinsip perubahan zat, jika suatu gas yang didinginkan maka akan berubah bentuk menjadi cair.
- Setelah diubah menjadi bentuk cairan, Freon kemudian melewati Receiver Drier (saringan). Disini Freon akan disaring agar bersih dan tidak ada kotoran yang mungkin terbawa dari Evaporator.
- Setelah disaring Freon cair yang bertekanan menuju Katup Expansi (Saluran Sempit). Nah ditahap ini Freon yang tadi bentuknya cair akan diubah kembali ke bentuk Gas. Kok bisa cairan diubah ke bentuk gas??
- Nah ini juga prinsip perubahan zat ya, Freon yang melewati Katup Expansi ini dalam tekanan tinggi, karena salurannya sempit cairan Freon tersebut dipaksa keluar dari Katup ini sedikit-demi sedikit, sehingga terjadilah pengabutan maka jadilah gas.
- Kemudian Gas Freon tersebut menuju Evaporator. Freon yang bentuknya Gas ini mengalir Evaporator berguna untuk mendinginkan udara yang masuk kemobil melalui sela-sela Evaporator, jadi udara yang masuk kemobil itu dingin yang ditekan oleh blower.
- Jika Gas Freon pada Evaporator sudah panas dan menjadi cair lagi maka akan di hisap.lagi oleh Kondensor AC.
- Dan Siklus nya akan berulang-ulang terus seperti itu.
Itulah sedikit penjelasan mengenai Siklus AC yang ada pada mobil
Belum ada Komentar untuk "CARA KERJA SISTEM AC MOBIL DAN SIKLUS AC YANG WAJIB KALIAN KETAHUI | PENJELASAN LENGKAPNYA"
Posting Komentar