APA SAJA SATUAN YANG DIGUNAKAN PADA ALAT UKUR ELEKTRIK DAN ELEKTRONIK?? BEGINI PENJELASANNYA!!

SATUAN ALAT UKUR ELEKTRIK & ELEKTRONIK
 
 

    Sebelum kamu mempelajari mengenai alat ukur elektrik dan elektronik, kamu harus tahu apa saja satuan yang digunakan pada alat ukur tersebut... Nah pada kali ini saya akan membagikan kepada mu apa saja sih satuan yang digunakan alat ukur elektrik dan elektronik? Sebelum mempelajari lebih lanjut kamu harus tau apa itu Alat Ukur Elektrik dan Elektronik??? Berikut penjelasannya:

  Alat Ukur Elektrik & Elektronik merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran-besaran listrik seperti hambatan listrik (R), kuat arus listrik (I), beda potensial listrik (V), daya listrik (P), dan lainnya.
Pada kalimat diatas ada kata Besaran! Apa itu yang dimaksud Besaran??

BESARAN adalah suatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka dan memiliki Satuan. Apa itu Satuan???

SATUAN Adalah sesuatu yangdigunakan untuk menyatakan hasil pengukuran atau pembanding dalam suatu pengukuran tertentu.

Nah ada beberapa SATUAN yang digunakan pada alat ukur elektrik dan elektronik, antara lain sebagai berikut:

1. SATUAN AMPERE

   Ampere merupakan satuan arus listrik. Arus listrik adalah gerakan perpindahan aliran muatan listrik. Ampere menyatakan banyaknya muatan listrik yang berpindah atau mengalir setiap detik. Ampere dilambangkan dengan huruf A.

   Ampere termasuk salah satu besaran pokok dalam sistem Satuan Internasional. Ada beberapa satuan turunan arus listrik, seperti miliampere (mA) dan mikroampere yang dipakai untuk menyatakan arus listrik yang kecil. Satu miliampere nilainya setara dengan seperseribu ampere (1mA=10-³A). Sedangkan, satu mikroampere nilainya setara dengan sepersatu juta ampere. Alat ukur yang menggunakan Ampere sebagai satuannya adalah amperemeter dan multimeter.

2. SATUAN VOLT
    Volt (V) adalah satuan turunan didalam Standar Internasional (SI) untuk mengukur perbedaan tegangan listrik. 1 Volt berarti beda tegangan yang diperlukan untuk membuat arus tepat sebesar 1 ampere didalam suatu rangkaian dengan resistensi 1 ohm. Istilah 1 Volt juga diartikan sebagai besarnya energi yang diperlukan untuk memindahkan listrik sebesar 1 joule/coulomb.

   Volt merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan hasil pengukuran pada Voltmeter dan multimeter. Dalam pengukuran pada multimeter, satuan volt dapat diturunkan kedalam satuan kV (kilo volt). 1kV memiliki nilai yanh sama dengan 1.000 V.

3. SATUAN Ohm
    Satuan dari alat ukur elektrik dan elktronik yang selanjutnya adalah ohm. Ohm merupakan satuan yang menunjukan besarnya hambatan dari suatu penghantar atau rangkaian kelistrikan.

   Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor) dengan arus listrik yang melewatinya.
    Ohm merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan hasil pengukuran pada ohmmeter dan multimeter. Dalam pengukuran dengan multimeter, satuan ohm dapat diturunkan ke dalam beberapa skala, yaitu 1×, 10×, 1k ohm dan 100k ohm. 1k ohm memiliki nilai yang sama dengan 1.000 ohm.

Baca Selanjutnya : Macam-macam Alat Ukur Elektrik/Elektronik

    Selain ketiga Satuan diatas, ada beberapa satuan pada alat ukur elektrik dan elektronik yang digunakan dibengkel, seperti rpm dan derajat (°).
rpm (Rotation per minutes) merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan nilai kecepatan putaran mesin setiap menitnya, alat ukur yang menggunakan rpm adalah Takometer dan engine tuner.
Satuan derajat ° digunakan untuk menyatakan nilai sudut saat pengapian dan nilai dari sudut dwell pada celah platina.

Nah, itulah beberapa Satuan yang digunakan Alat Ukur Elektrik dan Elektronik!!!!
Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ini guna membangun blog ini menjadi lebih baik...

Belum ada Komentar untuk "APA SAJA SATUAN YANG DIGUNAKAN PADA ALAT UKUR ELEKTRIK DAN ELEKTRONIK?? BEGINI PENJELASANNYA!!"

Posting Komentar

Telusuri Disini

Sponsor

Ads

Iklan Bawah Artikel