APA FUNGSI MANOMETER AC DAN BAGAIMANA CARA PENGGUNAANNYA.. INI PENJELASANNYA!!

Manometer AC (Air Conditioner)
   Salah satu alat ukur pneumatik yang wajib kamu ketahui dalam SMK adalah Manometer AC. Apa itu Manometer AC?? Belum tau!! Berikut ini adalah penjelasan mengenai Manometer AC...


Wajib Anda Baca: Peluang Usaha Masa Depan Yang Sangat Menjanjikan Bagi Anda Generasi Muda

  Manometer AC merupakan alat ukur yang digunakan untuk mendiagnosis gangguan yang terjadi pada sistem kerja AC. Selain itu manometer AC juga digunakan  untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran pada pengisian cairan pendingin(freon) pada sistem AC.
   Manometer AC terdiri atas beberapa komponen, seperti meter tekan (discharge), meter hisap (suction), dua buah kran yang disatukan , dan tiga buah selang dengan warna yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan lengkap komponen ManometerAC.

Baca Juga:


  1. Meter Tekan (Discharge). Merupakan komponen manometer AC yang menunjukan hasil pengukuran tekanan udara pada saluran tekan dalam sistem AC. Ciri-cirinya meter tekan itu dihubungkan dengan selang berwarna biru. Pada saat pengukuran selangnya dihubungkan ke lubang disekitar saluran yang menuju Evaporator.
  2. Meter Hisap (suntion). Komponen manometer AC yang menunjukan tekanan udara yang dihisap pada kompressor AC. Meter hisap dihubungkan dengan selang berwarna merah. Hasil pengukuran pada kedua meter ini dibaca berdasarkan angka yang ditunjukan jarum penunjuk. Satuan yang digunakan adalah psi atau inHg.
  3. Kran. Kran merupakan bagian manometer AC yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran udara pada selang ukur selama pengukuran berlangsung. Ada dua kran pada manometer AC, yaitu kran biru dan merah. Kran biru digunakan untuk membuka dan menutup saluran tekan. Sedangkan kran merah digunakan untuk menutup dan membuka saluran hisap.
  4. Selang Ukur Manometer AC. Sekang ukur pada manometer memiliki 3 warna yang berbeda-beda, yaitu biru, kuning, dan merah. Selang warna kuning merupakan selang yang dihubungkan pada pompa vakum saat proses pemvakuman saat pengisiannair pendingin sistem AC.


Cara  Menggunakan Manometer AC

  • Memasang selang biru pada lubang disekitar evaporator atau saluran tekanan rendah. Selang merah dipasang pada lubang disekitar kompressor. Sedangkan selang kuning dipasang pada pompa vakum saat pengisian cairan pendingin (refrigeran) berlangsung.
  • Setelah manometer terpasang, hidupkan mesin sampai putaran minimal 2.000 rpm.
  • Kemudian membaca hasil pengukuran jarum penunjuk skala tekanan pada manometer. Sistem AC dalam kondisi yang baik jika: 1. Pada saluran hisap kompressor,zat pendingin harus berupa gas dengan tekanan 1,5 sampai 2 bar (21 sampai 29 psi). 2. Pada saluran tekanan kompressor, zat pendingin masih berbentuk gas dengan tekanan 14,5 sampai 15,4 bar (200 sampai 213 psi). Besar tekanan ininjuga berlakubsampai zat pendinginnmasuknke katup ekspansi.
  • Jika kedua manometer menunjukan tekanan yang rendah dari semestinya berarti zat pendingin yang beredar dalam sistem volumenya sudah berkurang.
  • Jika manometer menunjukan tekanan yang lebih tinggi hal ini biasanya karena adanya kebocoran pada bagian yang bergesekan pada kompressor seperti katup, dan cincin torak.
Silahkan Baca Selanjutnya.....

Ya itulah sedikit penjelasan mengenai cara penggunaan manometer Ac. Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Belum ada Komentar untuk "APA FUNGSI MANOMETER AC DAN BAGAIMANA CARA PENGGUNAANNYA.. INI PENJELASANNYA!!"

Posting Komentar

Telusuri Disini

Sponsor

Ads

Iklan Bawah Artikel