Apa Saja Kerusakan Yang Biasa Terjadi Pada Sistem EFI dan Apa Penyebabnya?? Inilah Penjelasannya!!

 MuridTeladan• Membahas Mengenai suatu sistem pasti tidak akan lepas dari apa saja kerusakan yang dapat terjadi dalam sistem tersebut. Begitu juga dengan Sistem EFI (Elektronik Fuel Injection), Sistem ini juga sering mengalami kerusakan. 



 Nah... Tapi tenang setiap masalah pasti ada penyebabnya. Jadi pada kali ini akan saya membahas mengenai kerusakan pada sistem EFI dan Apa saja penyebabnya. 

Daftar Kerusakan Sistem Bahan Bakar Injeksi dan Penyebabnya

Gejala kerusakan Kemungkinan penyebab

1. Mesin sulit hidup

  • Selang atau pipa bahan bakar tersumbat
  • Pompa bahan bakar tidak berfungsi
  • Sistem idle air control rusak
  • Sensor WTS (Water Temperature Sensor) atau MAP (Manifold Absolute Pressure Sensor) rusak
  • ECU/ECM rusak
  • Injektor rusak
  • Sensor posisi poros nok/poros engkol rusak

2. Bahan Bakar Boros

  • TPS (Throttle Position Sensor), WTS (Water temperature Sensor), atau MAP (Manifold Absolute Pressure Sensor) kendor socketnya
  • Injector rusak
  • ECU/ECM rusak

3. Mesin tersendat-sendat

  • TPS, WTS, MAP socketnya kendor
  • Injektor rusak
  • ECU/ECM rusak
  • Tekanan bahan bakar tidak sesuai spesifikasi

4.Timbul hentakan saat pedal 

gas ditekan dalam kondisi 

stabil (tidak ada perubahan 

posisi pedal gas)

  • Selang atau pipa bahan bakar rusak
  • Tekanan bahan bakar berubah-ubah
  • Pompa bahan bakar rusak
  • Saringan bahan bakar tersumbat/atau terlalu kotor
  • MAP sensor tidak berfungsi maksimal
  • ECU/ECM rusak
  • Injektor rusak

5.Terjadi ledakan (terjadi 
letupan pada saat Throttle 
valve dibuka)

  • Saringan atau saluran bahan bakar tersumbat
  • WTS (ada juga yang menamakan ECT/Engine Coolant Temperature) atau MAP tidak berfungsi
  • Injektor rusak
  • ECU/ECM Rusak
  • Intake manifold atau gasket throttle body bocor

6. Mesin tidak bertenaga

  • Selang atau pipa bahan bakar tersumbat
  • Pompa bahan bakar rusak
  • Gasket intake manifold atau gasket Throttle body bocor/rusak
  • TPS, WTS/ECT, MAP tidak berfungsi
  • Tekanan bahan bakar tidak sesuai spesifikasi
  • ECU/ECM rusak
  • Injector rusak

7. Putaran idle mesin tidak sesuai standar

  • Tekanan bahan bakar tidak sesuai spesifikasi
  • Sistem idle air control rusak
  • Injektor rusak
  • TPW, WTS/ECT, atau MAP tidak berfungsi
  • ECU/ECM rusak
Nah... Itulah beberapa gejala kerusakan yang biasa terjadi didalam mobil yang biasa terjadi dan penyebabnya. 

Belum ada Komentar untuk "Apa Saja Kerusakan Yang Biasa Terjadi Pada Sistem EFI dan Apa Penyebabnya?? Inilah Penjelasannya!!"

Posting Komentar

Telusuri Disini

Sponsor

Ads

Iklan Bawah Artikel