Macam-Macam Power Tools Beserta Fungsinya | Lengkap Muridteladan

Macam-Macam Power Tools Beserta Fungsinya
   
   Pada kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Power Tools. Pasti kalian masih asing kan mendengar kata Power Tools. Supaya kalian tidak bingunglangsung saja simak dibawah ini.....


Pengertian Power Tools
 →Power Tools adalah peralatan yang digerakan menggunakan tenaga selain tenaga manual manusia, Bisa digerakan dengan Listrik, Angin, dan Juga Hidrolik(cairan).
Fungsi Power Tools
Fungsi Utama Power Tools adalah untuk memudahkan pekerjaan manusia, terutama untuk pekerjaan yang membutuhkan tenaga ekstra. Seperti memotong besi, melepas atau memasang Mur yang kekencangannya tinggi dan lain-lain.

Nahh.... Langsung saja ya ke macam-macam Power Tools dan juga fungsinya...

1. Bor Listrik

  Kalian semua pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Bor?? Ya.. Bor adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang pada kayu maupun besi. Bor membuat lubang menggunakan mata bor yang dapat diganti sesuai keinginan. Bor juga dapat digunakan membuat alur lubang, untuk menempatkan sekrup.

2. Gerinda Tangan



 Gerinda Tangan adalah salah satu alat Power Tools yang digunakan untuk memotong dan menghaluskan benda kerja. Untuk menghaluskan benda kerja kita harus menggunakan mata gerinda yang tebal. Sedangkan untuk memotong benda kerja kita harus menggunakan mata gerinda yang tipis. Jangan sampai salah menggunakan mata gerinda, karena ditakutkan saat digunakan mata gerinda pecah dan mengenai orang.

3. Gerinda Duduk


  Gerinda Duduk digunakan untuk menghaluskan suatu benda kerja, Lihat Pada Gambar. Biasanya pada bengkel-bengkel otomotif salah satu sisi dari gerinda duduk tersebut menggunakan kawat.

4. Gerinda Potong
 Sesuai namanya Gerinda Potong digunakan untuk memotong benda kerja. Gerinda ini ukurannya cukup besar, jadi jika ingin menggunakannya gerinda diposisikan dilantai. Roda Gerinda yang digunakan adalah piringan gerinda yang tipis yang diputarkan dengan kecepatan tinggi. Gerinda ini dapat memotong benda kerja dengan ketebalan yang sedang, seperti plat dan pipa.

5. Kunci Impact

  Kunci Impact digunakan untuk mengendorkan atau mengencangkan mur/baut dengan sangat cepat. Alat ini menggunakan kunci shock pada ujungnya, yang bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Kunci Impact memanfaatkan udara yang dimampatkan untuk penggeraknya. Selang dari kompressor disalurkan ke impact melalui bagian bawahnya(lihat gambar).
  Pada bengkel-bengkel besar kunci impact adalah kunci yang sangat penting. Kegunaannya sangat bermacam-macam, salah satunya yang paling utama adalah untuk melepas dan memasang roda mobil. 

6. Air Gun

  Air Gun adalah alat yang digunakan untuk mengubah tekanan udara, dari kompressor udara yang tadinya lemah dibuat kenxang oleh alat ini. Biasanya udara yang kencang digunakan untuk membersihkan kontoran pada cela-cela benda yang tidak dapat dijangkau.
  Cara kerjanya yaitu:
  • Selang dari kompressor dihubungkan ke air gun (bagian bawah lihat gambar).
  • Pastikan sudah tertancap dengan benar.
  • Jiak sudah kalian tinggal tekan tuasnya.
7. Air Ratchet Wrench
  Alat ini sama prinsip kerjanya seperti Impact, tetapi Air Rachet Wrench hanya digunakan untuk mengendorkan atau mengencangkan mur/baut pada bagian-bagian yang agak sulit dijangkau. Biasanya alat ini dikombinasikan dengan Sambungan fleksibel, yang bertujuan agar dapat menjangkau mur/baut dengan mudah. Sama seperti Impact alat ini juga menggunakan kunvi shock yang dapat diganti-ganti. Dan menggunakan udara untuk penggeraknya.

8. Press Hidrolik
 Seperti namanya ya alat ini digunakan untuk menekan suatu benda kerja. Pada bengkel alat ini biasanya digunakan untuk melepas atau memasang bearing yang terdapat didalam lubang benda kerja. Alat ini memanfaatkan cairan untuk penggeraknya.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Macam-macam Power Tools Beserta fungsinya. Bila ada kekurangan saya mohon maaf....

Penulis : M. Arif Nurrohman
Email    : ariefnurrohman8709@gmail.com
Blog      : https://muridteladan87.blogspot.com
Ig           : @arif87_nur

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Power Tools Beserta Fungsinya | Lengkap Muridteladan"

Posting Komentar

Telusuri Disini

Sponsor

Ads

Iklan Bawah Artikel