Pengertian Workshop Equipment beserta macam-macam workshop equipment

WORKSHOP EQUIPMENT

  Pada kali ini saya akan membahas sedikit tentang Workshop Equpment. Mulai dari Pengertian Peralatan Bengkel, macam-macam peralatan bengkel bergabung fungsinya. 



Apa sih yang meminta Peralatan Bengkel ??
Pengertian Workshop Equipment
  Workshop Equipment adalah alat perlengkap dalam bengkel otomotif yang diperuntukkan bagi mekanik dalam pekerjaan. Seperti arti dari namanya yaitu PERLENGKAPAN BENGKEL (peralatan bengkel), alat ini hanya sebagai pelengkap, tetapi juga sangat mementingkan kenyamanan dan kecepatan mekanik dalam memperbaiki mobil.

Fungsi Peralatan Bengkel
  Fungsi utama bengkel Peralatan adalah mekanik yang mudah digunakan, dan juga yang berfungsi sebagai mekanik.
 Namun hanya sebagai pelengkap di bengkel, namun bagi seorang mekanik bengkel besar ini wajib ada di bengkelnya. Lalu apa saja alat Bengkel Alat ?? 
Macam-macam Peralatan Bengkel

1. Carlift
  Carlift adalah salah satu alat bengkel yang digunakan untuk mengangkat kendaraan. Alat ini sangat membantu sekali bagi mekanik dalam menyelesaikan pekerjaannya. Namun, alat ini tidak bisa kalian temui dibengkel-bengkel kecil, selain mahal, cukup mahal. Jadi biasanya alat ini hanya digunakan oleh bengkel-bengkel besar dan resmi.
  Ada Beberapa Jenis Carlift yaitu:

★ Tipe Singgle Post Carlift

  Single post berarti alat ini hanya memiliki satu tiang penyangga atau satu kaki. Tipe ini banyak digunakan ditempat-tempat pencucian mobil. Namun jenis ini tidak begitu cocok untuk digunakan otomotif karena tingkat ketahanan terhadap goncangan lemah.

★ Tipe Two Post Carlift

  Jenis ini memiliki dua penyangga atau dua kaki dengan masing-masing tiang memiliki dua lengan pengangkat. Tipe Two Post Carlift banyak digunakan dibengkel otomotif, selain tahan terhadap goncangan tipe ini juga cocok untuk semua perbaikan mobil. Mulai dari pengecekan rem, suspensi dan juga pemeriksaan bawah kendaraan.
  Tipe ini sangat menguntungkan sekali karena mobil dapat diangkat cukup tinggi, sehingga mekanik dapat mengecek bagian bawah mobil dengan berdiri. Namun harus menggunakan Keselamatan yang Lengkap ya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
★ Tipe Four Post Carlift

  Tipe ini memiliki empat tiang penyangga, dan memiliki tingkat keamanan yang paling baik karena mobil benar-benar sesuai dengan carlift dengan ke-empat rodanya menapak dilantai carlift (lihat gambar).
  Namun tipe ini tidak cocok untuk perbaikan chasis, seperti cek rem, suspensi dan pengecekan bagian bawah mobil. Jenis ini paling banyak digunakan untuk pekerjaan Sporing, dan juga bisa untuk perbaikan mesin yang harus melepas Roda.
★ Angkat Gunting Mobil

  Tipe ini mirip dengan Four Post Carlift, pembedanya hanya pada tiang penyangganya (lihat gambar). Tipe ini digunakan untuk keperluan Spooring, dan tidak cocok untuk perbaikan chasis dan engine.

2. Dongkrak
  Dongkarak adalah alat yang digunakan untuk sebagian besar mobil, jadi mobil tidak terangkat keseluruhan. Dalam bengkel otomotif kita banyak mengenal berbagai jenis.

 ♦ Dongkrak Botol

  Dipanggil dongkrak botol karena bentuknya yang menyerupai botol. Dongkrak ini menggunakan media cairan (hidrolik) sebagai penggeraknya. Dongkrak ini cukup kecil sehingga dapat dimasukkan ke dalam mobil sebagai perlengkapan utama yang dapat digunakan pada dijalan larangan mobil bocor. Perlu diingat jangan sekali-kali bekerja di bawah mobil yang hanya ditangani oleh dongkrak, tahanlah dengan jackstand. Karena dongkrak ini bisa kapan saja-waktu langsung turun.
♦ Dongkrak Buaya

 Dongkrak ini banyak digunakan dibengkel-bengkel otomotif, selain karena daya angkat kendaraan yang lebih cepat dongkrak ini juga mudah digeser ke posisi yang diinginkan.
♦ Dongkrak Gunting

  Dongkrak yang satu ini menggunakan ulir untuk mengangkat beban (lihat gambar). Jadi, perlu bantuan mobil, karena dongkrak ini tidak menggunakan hidrolik untuk penggeraknya.

3. JackStand

  JackStand adalah alat yang digunakan untuk menahan kendaraan setelah didongkrak, yang menggantikan kendaraan tidak dapat dikembalikan.ketinggiannya dapat kalian atur sesuai keinginan.
4. Kompresor

  Kompresor adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan udara, yang kemudian digunakan untuk keperluan alat-alat pneumatik seperti dampak. Alat ini sepertinya wajib ada dibengkel-bengkel otomotif.
5. Tekan Hidrolik

  Seperti namanya, alat ini digunakan untuk memanggil benda kerja. Di bengkel alat ini digunakan untuk melepaskan dan memasang bantalan, yang posisinya di dalam benda.

6. Engine Crane
 Engine Crane adalah alat yang digunakan untuk mengangkat mesin dari mobil. Alat ini memudahkan seorang mekanik dalam menurunkan mesin mobil yang relatif berat. Alat ini biasanya dipakai pada saat Overr Houl, atau turun mesin.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Workshop Equipment, bila banyak kekurangannya saya mohon maaf...

Penulis: Muhamad A.N.
Email:ariefnurrohman8709@gmail.com

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Workshop Equipment beserta macam-macam workshop equipment"

Posting Komentar

Telusuri Disini

Sponsor

Ads

Iklan Bawah Artikel