Fungsi Differential DAN Bagian-Bagian DIFFERENTIAL LENGKAP DENGAN PENJELASANNYA | MATERI SMK SASIS & PT

Fungsi Differential & Bagian-Bagiannya


Apa sih pengertian dari Differential?
Differential atau sering dikenal dengan nama gardan adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda atau axle shaft.

 Differential terdiri dari 2 bagian utama yaitu:
  • Final Gear : terdiri dari drive pinion dan ring gear, yang berfungsi untuk memperbesar momen dan merubah arah putaran sebesar 90 derajat.
  • Differential Gear : terdiri dari side gear, yang berfungsi untuk membedakan putaran antara roda kiri dan kanan.
Penjelsan Mengenai Final Gear dan Differential Gear.

# Final Gear

   Final Gear ini terdiri dari 2 tipe yaitu:
  • Hypoide Bevel Gear → digunakan pada kendaraan penggerak roda belakang, di mana drive pinion terpasang offset dengan garis tengah ring gear. Keuntungannya adalah  bunyi lebih halus.
  • Helical Gear →digunaka pada kendaraan penggerak roda depan. Keuntungannya adalah bunyi dan getaran lebih kecil dan momen dapat dipindahkan dengan lembut.

# Differential Gear

  • Prinsip Dasar → saat kendaraan membelok, jarak tempuh roda bagian dalam lebih kecil dari jarak tempuh roda bagian luar. Dengan demikian roda bagian luar harus berputar lebih cepat dari roda bagian dalam. Bila roda berputar dengan putaran yang sama, maka salah satu roda akan slip dan akan menyebabkan ban cepat aus.
  • Prinsip Dasar Kerja Differential
  1. Saat Jalan Lurus 
  2. Saat Jalan Belok 
  3.  

  • Cara Kerja Differential
  1. Pada Saat Jalan Lurus → Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutar kan diferential case,  diferential case menggerakkan pinion gear  melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri dan kanan dengan rpm yang sama (karena tahanan roda kanan dan kiri sama), sehingga putaran roda kiri dan kanan sama.
  2. Pada Saat Jalan Belok → Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear mengitari side gear yang bebannya berat sehingga menyebabkan putaran roda kiri dan kanan menjadi tidak sama.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Differential DAN Bagian-Bagian DIFFERENTIAL LENGKAP DENGAN PENJELASANNYA | MATERI SMK SASIS & PT"

Posting Komentar

Telusuri Disini

Sponsor

Ads

Iklan Bawah Artikel